Selamat Datang, Welcome, Bienvenidos,Benvenuto, Bem-vindo, Willkommen, MarHaban, Hos geldiniz...

Minggu, 10 Maret 2013

Semester Baru dan Resolusi

Semester baru sudah di pelupuk mata. Paruh pertama dari 2013 segera dimulai. Bagi para mahasiswa, menghadapi semester baru mungkin tak ubahnya menghadapi tahun baru. Meninggalkan kegalauan semester sebelumnya dan bersiap menyambut datangnya semester baru, mata kuliah baru, tugas baru, dan tentu saja akan bersiap menyambut kegalauan akademik baru.

Ketika menghadapi tahun baru, timeline twitter dan home facebook biasanya akan penuh dengan kata “resolusi”. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan resolusi sebagai putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu -- yang akan diajukan kepada pemerintah. Ringkasnya, resolusi adalah kata yang digunakan untuk menyimpulkan harapan, tujuan, target yang ingin dicapai.

Bagi mahasiswa seperti saya, menyusun resolusi kiranya tak perlu menunggu hitungan tahun berganti, karena semester baru berarti banyak hal baru. Tak ada salahnya kata resolusi diterapkan dalam penyambutan semester baru. Dengan begitu, semester baru akan berarti target baru, harapan baru untuk semakin berubah progresif. Semester baru akan diartikan sebagai lembar baru berisi poin-poin baru yang ingin dicapai, atau poin lama yang belum tercapai dan ingin dicapai.


Menyusun target-target yang akan dicapai dalam satu semester ke dalam lembaran kertas atau whiteboard dan menempelkannya di dinding kamar agar terus terlihat mungkin dapat menjadi alternatif. Karena penting untuk kita menjaga ketertarikan akan target-target tersebut agar tidak memudar. Ketertarikan yang terjaga membuat semangat untuk mendapatkannya pun tetap terjaga. Terjaganya semangat juga berarti konsistensi dalam diri kita telah muncul. Selain itu, mimpi memang butuh visualisasi. Sekedar membayangkan terkadang membuat kita kesulitan membayangkan diri kita akan seperti yang ada di mimpi tersebut. (tapi percayalah jika kita benar-benar menginginkan sesuatu kita tidak akan pernah melupakannya).

Target yang akan dicapai memang hendaknya diiringi dengan konsistensi dan keteguhan niat untuk menggapainya saat semester berjalan nanti, karena resolusi tanpa konsistensi adalah sebuah dosa. Dosa karena telah menghianati diri sendiri yang saat awal semester dengan gigih mengudarakan kata resolusi. Sedangkan resolusi yang disejajarkan dengan konsistensi adalah keberhasilan. Keberhasilan yang tentu tidak diukur dengan sejauh apa kita mencapai target, namun sejauh apa kita berusaha mencapainya. Karena hanya Tuhan yang akan meloloskan keinginan kita setelah usaha dan doa telah maksimal terlaksanakan.

Semester baru dan tahun baru tak ubahnya seperti lembaran baru, namun tetap berada di buku yang sama, yaitu buku kehidupan masing-masing. Jangan biarkan masa lalu yang kelam menguap, biarkan ia mengendap dan menjadi bagian tak terpisahkan yang akan membuat kita selalu belajar dari kesalahan dan tentu saja belajar untuk tidak mengulanginya lagi.

Tak ada yang salah dengan resolusi. Namun semoga kita termasuk orang yang konsisten dalam mengejar target hidup kita. Semester baru sudah mulai kita tapaki. Ke-kurangberhasil-an semester lalu harus ditinggalkan dengan semangat mengejar keberhasilan di semester baru. Semoga semester yang baru adalah berkah yang semakin besar untuk siapapun. Selamat menikmati paruh pertama 2013 dengan semangat berubah progresif, mahasiswa.


2 komentar: