Selamat Datang, Welcome, Bienvenidos,Benvenuto, Bem-vindo, Willkommen, MarHaban, Hos geldiniz...

Rabu, 15 Desember 2010

Taukah anda, ternyata tim nasional Indonesia tercinta kita sudah 2 kali mengikuti Piala Dunia alias FIFA world cup??

Faktanya, Indonesia adalah negara di benua Asia pertama yang ikut Piala Dunia (World Cup) saat pertama kali mengikuti PD.Yaitu pada penyelenggaraan Piala Dunia di Prancis tahun 1938. Tapi keikutsertaan Indonesia waktu itu masih bernama Hindia Belanda (Dutch East Indies). Tetapi pada putaran final Piala Dunia ini Indonesia hanya bertahan di putaran pertama saja setelah takluk dari Hungaria dengan skor 6 – 0. dan yang menjadi juara dunia adala Timnas Italia.
Keikutsertaan Indonesia yang kedua adalah ketika Piala Dunia digelar di Jerman pada tahun 1974. Kali ini yang mewakili bukan Timnas sepakbola Indonesia, tetapi diwakili oleh sebuah koin ” rupiah” tercinta. Pada laga final PD 1974 ini, yang dipilih sebagai pemimpin pertandingan adalah wasit asal Inggris, Jack Taylor. Koin yang dipakai Taylor merupakan koin khusus yang dibuat Bank Indonesia yang bekerja sama dengan lembaga konservasi dunia (IUCN), serta Lembaga Konservasi Alam (WWF). Koin itu hanya tersedia tiga buah dan dana penjualannya untuk penyelamatan hewan langka di Indonesia. Dan taylor adalah salah satu penerima uang logam itu, karena ia dianggap memiliki jasa besar di dunia sepakbola.

Uang logam seberat 25,31 gram keluaran 1974 itu memiliki dua sisi, yaitu gambar burung garuda dengan teks Bank Indonesia melingkarinya serta gambar harimau jawa di sisi lainnya.Taylor memilih uang tersebut karena terlihat menarik dan beratnya sangat pas.




Yang menarik, uang itu sampai membuat seorang Beckenbauer penasaran. Saat rehat babak pertama, legenda hidup sepak bola Jerman itu mendatangi Taylor untuk melihat koin Indonesia dan menanyakan mengapa Taylor yang orang Inggris menggunakan koin itu, bukan pecahan poundsterling asal negaranya.Taylor tidak mau menjawab dan hanya memberi senyuman kepada wajah penasaran Beckenbauer. Pada Piala dunia 1974 ini, yang keluar sebagai juara adalah tuan rumah Jerman Barat setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2 – 1. Pada 2006, koin bersejarah itu dilelang dengan harga mencapai Rp150 juta.




Jadi tidak perlu minder dengan prestasi Indonesia yang melempem saat ini. Karena faktanya, kitalah negara Asia pertama yang mengikuti Piala Dunia. Bukankah bung karno melarang kita melupakan sejarah?? hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar