Selamat Datang, Welcome, Bienvenidos,Benvenuto, Bem-vindo, Willkommen, MarHaban, Hos geldiniz...

Kamis, 02 Desember 2010

Umbul Sidomukti





Sebagai pecinta travelling, saya ingin berbagi sedikit rekomandasi tempat-tempat asik yang bisa jadi alternatif untuk mengisi liburan atau melepas penat. Tapi sebelumnya, curhat ni ya, ini tempat wisata pertama yang saya kunjungi saat menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro Semarang gan, hehehe.

Ini tempat namanya Umbul Sidomukti gan, terletak di seberang terlihat Bukit Kembar Cimanggal, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu. Tepatnya di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Ternyata di Semarang masih ada juga ya tempat kaya beginian, hehe.





Disana ada kolam renang alam juga gan. Air kolam renang alam Umbul Sidomukti ini selalu baru alias fresh dari Tuk (mata air) Ngetihan yang mata airnya memiliki umbul (air yang memancar dari dalam tanah). Karena pancaran air alam itu kali ya jadinya tempat ini dinamakan Umbul Sidomukti. Yang diatas itu foto saya sama temen saya Eko Suryanto waktu lagi kesana gan, hehehe.

Kolam di Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah Ungup-ungup. Konon kolam itu adalah yang tertinggi se Indonesia bahkan se-Asia gan, soalnya Ketinggiannya mencapai 1031m diatas permukaan laut.
Objek wisata Umbul Sidomukti ini bergaya minimalis dan menawarkan kenyamanan bagi pengunjung. Di tamannya banyak tempat duduk berundak model panggung terbuka sehingga pandangan bebas ke segala penjuru.


Selain produk alam ciptaan-Nya, di antara lembah juga terpasang flying fox sepanjang 110 meter dan 60 meter dengan ketinggian 70 meter. Dengan kedalaman lembah lebih dari 70 meter, sangat mungkin flying fox inilah yang tertinggi di Indonesia.


Ada juga marine bridge (jembatan tali) sepanjang 60 meter dan terombang-ambing di atas jurang. Untuk anak-anak tersedia wahana melatih keberanian dan sportivitas. Ada juga flyingfoxanak sepanjang 15 meter. Fasilitas lainnya yaitu camping ground atau lokasi kemah.




Rasanya tempat ini sudah menyita beberapa keping rasa kagum saya. Rasa capek yang dirasakan untuk mencapai tempat ini ngga sebanding dengan kesegaran yang bakal dirasakan disana. Saya juga masih sangat berharap bisa kesana lagi suatu saat nanti, hehe.

Selain itu kayaknya kesegaran asli yang ditawarkan alam itu lebih menenangkan hati dan pikiran plus raga daripada tempat-tempat wisata buatan manusia. Jadi ngga ada salahnya kita memilih menikmati kesegaran alam asli nusantara daripada buang-buang duit untuk belanja. Apalagi kalo lagi stress sama tugas atau beban-beban moral yang lain.
Anda berminat??

(data source: suara merdeka)



Hendy Aprilian Hidayat

2 komentar: