Selamat Datang, Welcome, Bienvenidos,Benvenuto, Bem-vindo, Willkommen, MarHaban, Hos geldiniz...

Jumat, 17 Desember 2010

Asinnya laut dan laut yang asin

Kenapa air laut asin? Kenapa air sungai tidak asin?

Sungai tidak asin seperti laut, karena air sungai mengalirkan garam yang dikandungnya ke laut. Ada garam juga di sungai? Sebenarnya, semua air mengandung garam. Hanya saja, air laut lebih asin 220 kali daripada air-air di tempat lain.

Yap, kandungan garam air laut super banyak! Jika garam di laut bisa diangkat ke daratan, maka diperkirakan akan membentuk lapisan setinggi gedung perkantoran 40 tingkat.WOW!
Sedangkan, kandungan garam di sungai sedikit sekali. Makanya, enggak terasa asin. Tapi, biar begitu, justru sungai yang menjadi salah satu penyebab air laut penuh dengan garam.
Di seluruh pelosok dunia, sungai mengirim sekitar 40 milyar ton garam ke laut setiap tahunnya. Di laut, lama-kelamaan, garam itu mengendap di dasar laut. Pantas aja, laut itu asiiin...
Lalu, bagaimana dengan proses daur ulang air? Proses itu, kan, bisa saja menyebabkan air laut turun menjadi hujan ke sungai, lalu sungai menjadi asin? Ketika proses daur ulang, air-air dari berbagai sumber memang menguap. Salah satunya, air laut. Nah, saat air laut menguap, garamnya enggak ikutan menguap. Garamnya tetap berada di laut. Jadi, sungai tidak berubah asin karena hujan atau proses daur ulang air itu.
Mengapung tanpa pelampung dan tanpa menggerakkan kaki?

Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania. Di 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi. Laut mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 1.300 kaki (400m) di bawah permukaan laut.
Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada Jordan Riff Valley dimana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur dan gypsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi.

Danau ini dinamakan laut mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam ini. Laut mati memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh laut di dunia. Kadar garamnya sekitar 32 % dibandingkan terhadap kadar garam rata-rata 3% pada Laut Mediteranian. Kadar garam ini juga akan membuat kita mengapung diatas permukaan laut meski tanpa pelampung.


Sejak dulu material yang terdapat dalam laut mati pun diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit. Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantuk kesehatan. Hal ini sudah lama diketahui oleh King Salomon, Cleopatra dan Herod the Great sehingga mereka mendatangi Laut Mati untuk memperoleh efek tersebut.

kalau ada duit kayanya asik tu kesana...

data source: wikipedia

3 komentar: